Membuat Catering PT di Bekasi

Membuat Catering PT di Bekasi

Apakah anda tertarik untuk Membuat Catering PT di Bekasi? Apabila iya, kami mungkin punya solusi untuk anda. Usaha catering merupakan salah satu peluang usaha yang paling berpotensi untuk membawa banyak keuntungan. Melalui usaha catering, anda tinggal membuat makanan sesuai pesanan pelanggan dan mengantarkannya ke tempat yang sudah ditentukan.

Saat ini, mungkin anda sedang mempertimbangkan untuk membuka usaha catering. Namun, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum anda bisa membuka usaha catering anda. Anda harus memastikan bahwa anda memiliki perizinan untuk membuka usaha catering. Baik anda ingin membuka usaha catering di kota Bekasi maupun di kota lainnya, perizinan merupakan suatu hal yang wajib anda urus.

Namun, anda tidak perlu bingung. Kami sudah merangkum segala sesuatu yang harus anda lakukan apabila anda ingin Membuat Catering PT di Bekasi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebelum membuka usaha catering anda.

 

  1. Kenali Tempat-Tempat yang Perlu Anda Kunjungi

Hal pertama yang wajib anda lakukan untuk mengurus perizinan usaha catering anda adalah untuk mengenali tempat-tempat yang perlu anda kunjungi. Apabila anda tidak pernah membuka usaha sebelumnya, kemungkinan besar anda akan bingung dengan tempat-tempat yang harus anda kunjungi untuk mengurus perizinan suatu usaha. Maka dari itu, inilah langkah pertama yang harus anda lakukan.

Untuk membuka usaha kuliner seperti catering atau bisnis restoran, anda harus mengunjungi tiga instansi guna memperoleh perizinan. Tiga instansi tersebut antara lain kelurahan, kecamatan, dan kantor dinas kesehatan di kabupaten/kota anda. Misalnya, bila anda ingin Membuat Catering PT di Bekasi, maka anda harus mendatangi tiga instansi tersebut di kota Bekasi.

 

  1. Pahami Kategori Bisnis Catering Anda

Sebelum mengunjungi instansi-instansi di atas untuk mengurus perizinan, anda harus mengetahui kategori dari bisnis catering anda. Berdasarkan Permenkes yang mengatur tentang Higiene Sanitasi Jasaboga, ada tiga golongan utama dari usaha catering. Golongan tersebut antara lain golongan A, B, dan C.

Golongan A merupakan usaha catering dengan skala bisnis kecil. Usaha catering jenis ini biasanya tidak memiliki badan usaha yang jelas. Usaha catering golongan A juga bisa naik dan melebarkan usahanya ke usaha catering golongan B atau C.

Golongan B merupakan usaha catering yang sudah memiliki badan usaha yang jelas. Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang dipaparkan secara rinci di dalam Permenkes yang mengatur hal tersebut.

Golongan C merupakan usaha catering dengan badan usaha yang jelas, sama seperti golongan B. Namun, usaha catering dengan golongan C harus memenuhi lebih banyak persyaratan lagi dibandingkan dengan usaha catering golongan B.

 

Lihat juga beragam menu catering enak dan menarik lainnya di

Catering Perusahaan Bekasi
Catering Cibitung Bekasi
Paket Catering Arisan Bekasi
Paket Catering Aqiqah Bekasi
Catering Pernikahan Bekasi

 

  1. Urus Perizinan di Kelurahan, Kecamatan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

Terakhir, anda bisa mulai mengurus perizinan untuk usaha catering anda. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mengunjungi instansi yang sudah kami sebutkan di atas. Namun, anda harus sudah benar-benar yakin dengan usaha catering yang hendak anda jalankan. Misalnya, apabila anda ingin membangun usaha catering golongan B, maka anda harus memastikan bahwa usaha catering anda memiliki badan usaha yang jelas.

Instansi pertama yang harus anda kunjungi ialah kelurahan. Ketika anda berkunjung ke kelurahan, anda perlu membawa domisili yang akan dijadikan sebagai tempat usaha catering anda. Dengan begitu, anda bisa mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang ditujukan untuk tempat usaha, dimana izin tersebut berbeda dengan izin untuk rumah tinggal.

Kantor kelurahan biasanya akan memiliki informasi tentang zonasi. Anda beserta kelurahan akan membereskan masalah zonasi tersebut untuk meminta Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Tentunya, anda harus melampirkan surat bermaterai yang menyatakan bahwa tempat usaha anda bebas dari sengketa.

Setelah berkunjung ke kelurahan, anda harus berkunjung ke kecamatan untuk mengurus Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Setelah berhasil mendapatkan TDUP, baru anda bisa berkunjung ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Anda harus berkunjung ke instansi ini untuk mendapatkan sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun. Itulah hal-hal yang harus anda lakukan untuk bisa Membuat Catering PT di Bekasi.

 

Lihat paket kami yang lain :